Khas Indramayu

Mangga yang satu ini memang khas Indramayu, didaerahnya mangga ini dikenal sebagai mangga Cengkir (pelem cengkir) berukuran besar dan memiliki serat buah yang khas. Rasanya manis dan kering, tidak seperti mangga lain yang agak basah, mungkin karena daerah Indramayu yang kering sehingga mangga ini terasa gurih.

Mangga khas ini paling enak adalah yang matang dipohon, sangat terasa ke-khasannya, selain itu mangga ini cukup tahan lama dari pembusukan.

Selain mangga cengkir, buah khas Indramayu lainnya adalah mangga gedong atau sering disebut juga mangga gincu karena warna kulitnya yang berwarna-warni. Ukuran mangga ini kecil seukuran kepalan tangan.

Untuk menikmati buah ini, pilihlah musim kemarau untuk menikmatinya, karena buah tidak banyak mengandung air, sehingga rasanya lebih nikmat dibandungkan saat musim penghujan.

Next => Cengkir

1 comments:

judin said...

betul sekali indramayu gudangnya mangga cuma selalu kalah di bidang pemasaran ,kita lihat mangga gedong gincu yang nota bene udah terkenal dari daerah lohbener,kita udah ketinggalan oleh gedong dari cirebon kalau dalam hal kwalitas jauh baik penampilan maupun rasa . jadi gimana broo........?